Menikmati Keindahan Goa Akbar Tuban Jawa Timur

Diposting pada

Menikmati Keindahan Goa Akbar Tuban Jawa Timur – Apakah Kamu pernah berwisata di Goa Akbar ? Goa Akbar letaknya di Kabupaten Tuban ini menjadi salah satu objek wisata andalan di kota Tuban, Tuban sendiri juga mempunyai julukan Bumi Seribu Goa karena memang terdapat banyak goa disegala penjuru daerahnya seperti halnya Goa Akbar Tuban. Pada umumnya biasanya Goa terdapat di daerah terpencil namun beda dengan Goa Akbar, Goa ini lokasinya berada di keramaian, tepatnya du sebuah pasar yang dimana pasar ini tidak pernah sepi akan aktifitas masyarakatnya, tidak heran jika sebelum Goa ini di jadikan sebuah objek wisata goa ini penuh dengan sampah karena banyak pedagang dari pasar yang membuang sampahnya langsung di lubang gua. Goa akbar bertempat 100 meter di belakang pasar Baru Tuban di tepi Jalan Raya Surabaya – Semarang.

Mengapa di namakan Goa Akbar ?

Konon katanya nama akbar berasal dari pohon yang tumbuh di depan gua yaitu pohon akbar, dan ada juga yang bilang karena goa ini berukuran besar dan panjang menjadikan goa ini di sebut Goa Akbar, namun dari sumber lain menyebutkan bahwa nama akbar di berikan oleh pemerintah kota Tuban yang merupakan akronim dari Aman, Kreatif, Bersih Asri dan Rapi yang mana kata-kata tersebut merupakan slogan dari kota Tuban.

Sisi religius dalam Goa Akbar
Menikmati Keindahan Goa Akbar Tuban Jawa Timur

Sisi religius dalam Goa Akbar

Konon goa ini dulu di gunakan oleh sunan bonang dan sunan kalijogo bertapa, konon ada beberapa tempat di dalam gua yang di percayai sebagai tempat bertapa sunan bonang dan sunan kalijogo salah satunya adalah ceruk pasepen koro sinandhi [pintu yang di rahasiakan] pintu ceruk ini sangat kecil hanya bisa dimasuki oleh anak-anak, jikalau orang dewasa ingin memasuki ceruk ini mereka harus membungkuk serendah mungkin, itupun juga hanya 1 orang, warga sekitar mengatakan bahwa membungkuk ini memepunyai filosofi yang tinggi yaitu “manusia di ingatkan bahwa di mata ALLAH harus merendahkan diri”

Baca Juga  Wisata ke Desa Trunyan, Tempat yang Unik di Bali

Di dalam goa ini terdapat sebuah ruangan yang di beri nama paseban wali, yang di percaya sebagai tempat para wali songo untuk berkumpul dan mengajarkan agama islam, karena ruangan ini memang mirip dengan ruang pertemuan dan juga di dalam ruangan ini terdapat batu-batu besar yang terletak di depan ruangan seakan menjadi podium bagi pembicara, di ruangan ini juga terdapat sebuah lubang yang tembus oleh cahaya matahari, stalaktit dan stalakmit yang indah seakan menghiasi ruangan ini.

Di sisi lain di sebelah pintu keluar terdapat ruangan yang bisa di jadikan pengunjung sebagai tempat sholat, lantai dasar ruangan ini sudah di lapisi keramik berwarna hitam dan putih sebagai tanda barisan sholat.

Keindahan dan Keamanan dalam Goa

Sejak di renovasi pada tahun 1996, Goa Akbar menjadi sering di kunjungi para wisatawan. Memasuki lokasi Goa Akbar para pengunjung hanya memebayar tiket Rp5000/orang, di depan pintu Goa terdapat gerbang yang sangat menarik begitu juga dengan pilar-pilar dan pohon peneduhnya, ketika akan memasuki mulut gua pengunjung akan melihat relief-relief yang terdapat di dinding sebelah pilar, relief-relief ini menceritakan tentang Sunan Bonang, Sunan Kalijogo, Sri Huning MustikaTuban, Ronggo lawe dan masih banyak lagi.

Jalur jalan di dalam gua telah di paving block dan di samping kanan kiri di beri pagar besi menjadikan nampak rapi dan bersih, hal ini untuk memberi keamanan dan kenyamanan pengunjung pagar besi tersebut berguna untuk mengeksplorasi pengunjung agar tidak salah jalan dan juga pagar besi berfungsi sebagai pegangan untuk pengunjung dari lantai yang licin karena tetesan air dari dalam gua. Para pengunjung cukup mengikuti jalur yang telah di buat tersebut di dalam gua tersebut di pasang lampu warna-warni yang memberi kesan nyaman.

Baca Juga  Destinasi Wisata Ubud yang Hits dan Paling Populer

Di dalam goa pengunjung akan menemui banyak lorong-lorong dan juga stalaktit dan stalakmit yang beragam bentuk, di dalam perjalanan menelusuri gua pengunjung akan selalu mendengarkan gemercik air, di dalam gua ini juga terdapat sungai yang deras dan yang lebih menarik terdapat batu Sela Sardula (Batu Anjing) karena memang batunya berbentuk seperti anjing, juga terdapat pancuran air yang sangat deras yang biasa di gunakan oleh pengunjung untuk memebasuh muka, dan juga ada yang menampungnya di dalam botol sebagai oleh-oleh dari Gua Akbar. Di atas gua terdapat bangunan peneduh yang berbentuk seperti pendopo yang besar, dan beberapa kubah yang di fungsikan untuk menutupi lubang-lubang gua dari air hujan.

Penutup

Goa Akbar adalah pesona satu dari beberapa goa yang ada di kota Tuban, tidak lengkap rasanya jika di kota Tuban tidak mengunjungi Goa Akbar. Jarak 3,5 km Sebelah utara Goa Akbar Tuban tedapat objek wisata religi yakni Makam Sunan Bonang salah satu Wali Songo penyebar agama islam di tanah jawa.

Dan karena juga lokasi goa ini berdekatan dengan lokasi parkir bis penziarah Sunan Bonang, Goa Akbar ini biasanya menjadi 1 paket perjalanan dalam ziarah Wali Songo dan jangan lupa untuk berkunjung ke satu goa lagi yang syarat dengan keindahan yaitu Goa Maharani Lamongan, Kamu akan terpesona dengan keindahan maharani yang tidak akan Kamu lihat di goa manapun di indonesia. Demikian ulasan dari saya semoga bermanfaat bagi Kamu yang membacanya. Amiiiiiin..