Kebun Raya Bedugul Bali, Destinasi Wisata Alam di Kecamatan Baturiti

Diposting pada

Kebun Raya Bedugul Bali – Kebun Raya Bedugul kerap juga disebut Kebun Raya Eka Karya atau Bedugul Botanical Garden. Tempat ini merupakan salah satu obyek wisata unggulan yang berlokasi di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Hawa dingin beserta kabut selalu menyelimuti kebun ini karena letaknya di dataran tinggi.

Sebagai sebuah obyek wisata, Kebun Raya Bedugul Bali menawarkan pemandangan alam yang elok dan sejuk. Sangat cocok jika dijadikan tempat piknik bareng keluarga atau teman sejawat. Dengan luas mencapai 157,5 hektar banyak spot-spot menarik yang bisa Anda kunjungi. Diantaranya seperti Candi Bentar, Lake Beratan View, Ramayana Boulevard, Usada Cafe, Kumbakarna Laga Statue, Traditional Balinese House, Roses Garden dan Hindu Temples.

piknikyu Kebun-Raya-Bedugul-Bali-Destinasi-Wisata-Alam
Kebun Raya Bedugul Bali, Destinasi Wisata Alam di Kecamatan Baturiti

Selain itu, pengunjung juga bisa mencoba sejumlah aktivitas menarik seperti petualangan seru di hutan seperti Bali Treetop Adventure. Bagi Anda yang suka aktivitas outbond tentu tak ingin melewatkan yang satu ini. Ada sekitar 7 adventure circuit dan 72 permainan menantang seperti flying fox, spider nets dan masih banyak lagi.

Uniknya dari kebun satu ini bukan hanya di kelola untuk berdarmawisata. Kebun Raya Bedugul Bali juga bisa Anda gunakan sebagai tempat pusat penelitian dan pengembangan berbagai tumbuhan langka. Ada lebih dari 200 spesies tanaman dari sejumlah daerah di Indonesia yang di lestarikan di sini. Jadi, pengunjung bisa berwisata seru sambil belajar tentang tanaman, tumbuh-tumbuhan dan alam.

Fasilitas di Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bali berdiri pada 15 Juli 1959, dan merupakan yang termuda jika Anda bandingkan dengan kebun raya lainnya yang ada di Indonesia. Meski demikian, jalanan menuju ke area Kebun ini sudah sangat baik dan sudah beraspal juga.

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Wisata Di Bali Yang Paling Terkenal

Pengunjung bisa memilih menikmati wisatanya dengan berjalan kaki atau menggunakan mobil panduan wisata yang biasanya berkeliling ke seluruh area kebun. Fasiitas pendukung dari Kebun Raya ini antara lain toilet, parkir yang luas, kafe, koperasi, ruang pertemuan, stan oleh-oleh dan souvenir, stan jual tanaman dan perpustakaan.

Saat berkunjung kesini ada 5 jalur yang bisa Anda lewati yakni jalur kuning, ungu, merah, biru dan burung. Jalur kuning adalah yang pertama Anda lewati usai masuk dari arah Candi Bentar yang merupakan gerbang utama. Setiap jalur-jalur menawarkan daya tarik tersendiri dengan latar pemandangan yang begitu indah serta alami.

Usai lelah jalan-jalan tak lengkap jika belum mengunjungi pasar tradisional Candi Kuning. Di spot ini pengunjung bisa belanja oleh-oleh dan tersedia bermacam-macam sayuran dan buah-buahan hasil panen penduduk setempat. Selain itu, ada penjual kerajinan dari Bali seperti ukiran dan baju. Pengunjung juga bisa bersantap santai dengan makanan hangat untuk suasana dingin seperti jagung manis rebus.

Biaya, Transportasi dan Jam Buka Kebun Raya Bedugul

Untuk masuk dan menikmati keindahan alam juga spot menarik di Kebun Raya Bedugul sangatlah terjangkau. Biaya tarif masuk pengunjung sebagai berikut :

  1. Wisatawan lokal/domestik Rp 7 ribu per orang
  2. Wisatawan asing Rp 18 ribu per orang

Tarif Parkir

  • Sepeda motor Rp 3 ribu
  • Mobil Rp 6 ribu
  • Bus (kendaraan besar) Rp 12 ribu

Khusus untuk yang membawa kendaraan mobil, bisa berkeliling di kebun dengan membayar biaya tambahan sebesar Rp 12 ribu. Pengelolaan kebun ini di lakukan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan semua tarif tersebut sudah termasuk asuransi Jasaraharja.

Untuk menuju ke lokasi pengunjung di sarankan mengunakan kendaraan pribadi, kendaraan sewa atau taksi. Hal ini lantaran transportasi umum kurang tersedia untuk di gunakan dan juga karena jadwal yang tak teratur, sehingga moda transportasi menuju ke kebun ini sedikit susah.

Baca Juga  Wisata ke Desa Trunyan, Tempat yang Unik di Bali

Dari Denpasar lokasi ini berjarak sekitar 60 Km dan menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Jika dari Singaraja hanya memerlukan waktu setengah jam karena jarak tempuh sekitar 35 Km. Lokasinya cukup mudah di dapat dan pastikan untuk membawa baju hangat, jas hujan atau payung saat berkunjung.

Jam buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WITA. Kebun ini hanya di tutup pada saat hari besar Nyepi. Selain keluarga atau rombongan kecil, juga banyak staf perusahaan dan rombongan besar lain seperti pelajar yang datang ke Kebun Raya Bedugul Bali. Untuk itu lokasi tertentu bisa Anda pesan secara eksklusif untuk kegiatan yang mau Anda agendakan. Selamat berliburan!!