Menikmati Keindahan Air Terjun Selogiri di Wonogiri

Diposting pada

Menikmati Keindahan Air Terjun Selogiri di Wonogiri – Air Terjun Selogiri adalah salah satu obyek wisata yang terletak di Wonogiri, tepatnya berada di dusun Melati, desa Keloran, Kecamatan Selogiri. Lokasi wisata ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun sebelumnya hanya diketahui oleh warga sekitar dan hanya dikunjungi oleh kalangan masyarakat lokal.

Namun sejak pada tahun 2012 warga setempat mulai bekerja bakti untuk membuka akses jalan menuju lokasi air terjun. Sejak saat itulah, lokasi air terjuninimulai dibuka secara resmi sebagai obyek wisata alam.

Keistimewaan tempat ini sehingga layak untuk dikunjungi oleh wisatawan adalah karena Air Terjun Selogiri memiliki sembilan buah tingkat. 9 tingkat yang artinya adalah sembilan buah air terjun yang lokasinya berdekatan, yaitu mulai dari Kedung Dandang, Banyu Anjlok, Kedung Bunder, Kedung Turuk, Jurang Gandil, Watu Kandang, Padusan, Kali Telu, dan Randu Alas.

Akses jalan untuk menuju lokasi air terjun tersebut masih tergolong sulit. Pasalnya pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor atau mobil harus rela parkir cukup jauh dari lokasi. Parkirnya bisa di halaman rumah – rumah warga dengan membayar Rp 1.000,- hingga Rp 2.000,-. Pembayaran parkir ini dikelola oleh karangtaruna dan masih digunakan untuk mengembangkan lokasi wisata ini.

Menikmati-Keindahan-Air-Terjun-Selogiri
Menikmati Keindahan Air Terjun Selogiri di Wonogiri

Dari area parkir tersebut, pengunjung harus berjalan kaki di jalan setapak kurang lebih 1 km jauhnya. Tapi perjalanan itu tidak akan terasa melelahkan karena selama itu pengunjung bisa sepuasnya menikmati pemandangan alam berupa hamparan sawah di satu sisi dan sungai kecil yang airnya sangat jernih di sisi lainnya.

Sekitar 250 meter sebelum sampai di lokasi obyek wisata, pemandangannya sudah mulai berbeda. Pemandangan pegunungan sudah terlihat cukup jelas. Di salah satu sisi ada tebing setinggi lebih dari tiga meter dan di sisi lainnya ada jurang dengan kedalaman lebih dari lima meter dengan sungai berbatu di dasarnya.

Semakin mendekat dengan lokasi air terjun, suara deras aliran airnya pun terdengan cukup keras menembus pepohonan. Untuk bisa mencapai lokasi obyek wisata Air Terjun Selogiri yang pertama, pengunjung membutuhkan waktu sekitar lima belas menit perjalanan.

Air Terjun Banyu Anjlok

Inilah lokasi pertama yang akan Anda kunjungi. Lokasi ini merupakan rangkaian paling bawah dari sembilan air terjun yang berada di atasnya. Air Terjun Banyu Anjlok memiliki ketinggian sekitar sepuluh meter. Debit airnya tidak menentu tergantung musim, saat musim kemarau air yang mengalir tidak banyak seperti saat masuk di musim penghujan.

Di lokasi paling dasar ini, mengalir air yang sangat jernih dan sejuk, membuat beberapa pengunjung berhenti untuk merendam kaki yang lelah sehabis berjalan kaki. Lokasi ini adalah salah satu tempat terfavorit bagi anak- anak remaja. Selain itu panorama alam yang begitu mengesankan tidak akan terlewatkan oleh Anda untuk mengabadikannya dalam kamera.

Air Terjun Kedung Dandang

Letak air terjun kedung kandang berada di atas air terjun batu anjlok. Ketinggiannya tidak setinggi batu anjlok yaitu hanya sekitar tujuh meter. Di bawah air terjun tempat mengucurnya air ini terdapat kolam alami cukup luas. Lokasi ini merupakan tempat yang paling cocok digunakan untuk berendam dan bermain air bagi anak- anak.

Air Terjun Kedung Bunder

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun selanjutnya yaitu kedung bunder, mulai terdapat tantangan. Pengunjung harus berjalan merambat di tebing berbatu. Hal ini karena pembangunan masih belum mencapai titik ini, sehingga masih belum ada akses yang memadai di bagian ini.

Lokasi air terjun ini sangat luas dan seperti namanya berbentuk melingkar dengan kucuran air yang sangat tinggi dan debit airnya sangat deras. Tempat ini sangat cocok untuk melepaskan penat dan merasakan pijatan alami dari kucuran air yang jatuh ke kolam.

Air Terjun Kedung Turuk

Air Terjun Kedung Turuk adalah salah satu lokasi yang membuat banyak wisatawan penasaran ingin berkunjung ke sini. Hal inilah yang membuat kedung turuk memiliki ciri khas tersendiri dari air terjun lainnya di Selogiri. Nama Turuk tersebut dalam bahasa Jawa berarti alat kelamin pada wanita, karena bebatuan di tebing yang dilewati air terjun itu konon dipercaya mirip alat kelamin wanita.

Saat berada di lokasi Anda boleh untuk berenang, karena areanya cukup luas dan kedalaman air pada kolam juga cukup dalam sehingga cocok untuk berenang.

Air Terjun Jurang Kandil

Jurang Kandil ini memiliki keunikan yaitu memiliki gerojokan berundak- undak menyerupai tangga eskalator. Untuk mencapai lokasi ini, membutuhkan waktu kira- kira 15 menitan dari lokasi Air Terjun Kedung Turuk jadi untuk trek menuju air terjun ini cukup pendek dan tidak banyak makan tenaga.

Air Terjun Watu Kandang

Lokasi Air Terjun Watu Kandang masih belum ramai bagi wisatawan karena akses jalan masih sangat sulit. Namun, bila Anda memiliki fisik dan tenaga lebih serta menyukai tantangan, maka melanjutkan perjalanan ke lokasi ini dan lokasi air terjun lainnya bisa Anda teruskan lagi.

Curug Padusan

Curug Padusan memiliki nasib yang sama dengan air terjun watu kandang. akses jalan yang masih cukup sulit serta fasilitas yang masih terbilang minim, sehingga tidak banyak pengunjung yang mau untuk melanjutkan perjalanannya ke lokasi ini.

Terakhir Curug Kali Telu

Saat ini warga sekitar masih mengusahakan pengembangan dan pelebaran jalan menuju lokasi air terjun lainnya sampai di air terjun kali telu.

Randu Alas dan Gua Gunung

Itulah informasi yang mengenai keindahan Air Terjun Selogiri yang terletak di Wonogiri, merupakan salah satu kekayan potensi wisata untuk warga di Wonogiri. Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat dan melengkapi referensi rencana liburan Anda. Selamat berlibur ria!!