Pulau Ranoh Batam, Pulau Eksotis Favorit Wisatawan

Pulau Ranoh Batam, Pulau Eksotis Favorit Wisatawan – Pulau Ranoh adalah salah satu destinasi tempat wisata favorit banyak wisatawan yang sedang berkunjung ke Batam. Pulau eksotis dengan total luas sekitar 43ha ini memiliki hamparan pasir yang putih dengan pantai yang indah dan jernih. Meskipun begitu, saat ini baru ada sekitar 2 hektar yang dikelola dan dijadikan sebagai tempat pariwisata untuk umum.

Deretan pohon kelapa yang berjejer di sepanjang garis pantai juga menambah kesan indah dan teduh pulau ini. Anda pun bisa berteduh di bawahnya sembari menikmati pemandangan pantai. Sebelumnya untuk Anda yang sedang liburan di Batam, dan bingung mau liburan kemana aja. Simak aja Rekomendasi Tempat Wisata Di Batam yang mungkin bakal cocok untuk Anda kunjungi.

Alamat dan Cara Menuju ke Pulau Ranoh

piknikyu bagaimana cara ke pulau ranoh batam barelang

Untuk Anda yang tertarik berkunjung ke Pulau Ranoh di Batam, Anda bisa mengunjungi pulau ini di  Kecamatan Galang Baru, Pulau Abang Batam, Kepulauan Riau. Untuk sampai di Ranoh Island, ada dua jalur yang bisa Anda tempuh. Yang pertama adalah melalui jalur darat dan yang kedua adalah melalui jalur air. Untuk rute perjalanannya sendiri bisa dimulai dari Kota Batam menuju ke pelabuhan Labun melewati Jembatan Balerang.

Dari Pelabuhan Balerang, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan speed boat selama 20 menit sebelum tiba di pulau tersebut. Oh iya, jasa penyewaan speed boat atau kapal feri di sini baru buka jam 10 pagi. Kalaupun, Anda datang terlalu pagi Anda bisa menggunakan jalur darat saja dengan kendaraan pribadi.

Lengkapnya, Pulau ini berada di Kecamatan Galang Baru, Pulau Abang, Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Letaknya yang berada di ujung barat Negara Indonesia yang berbatasan dengan Negara Singapura ini tentu akan membuatmu semangat untuk berkunjung. Jika dari Pusat Kota Batam, kamu akan memerlukan waktu sekitar 75 menit untuk bisa kesini, atau jika dari Nagoya akan membutuhkan waktu sekitar 90 menit.

Terdapat 2 alternatif pilihan yang bisa digunakan untuk menuju ke Pulau Ranoh, yaitu dengan mengguakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Untuk kamu yang berjiwa petualang, kamu bisa menggunakan KANDAP yaitu sejenis kendaraan umum dengan jalur yang dimulai dari SP Plasa Batuaji dan pemberhentian akhir di PT Pari Jembatan 6 Barelang. Tarif yang dikenakan cukup murah yaitu sekitar Rp 50.000 saja.

Nah, karena terletak di antara Pulau Abang Kecil dan Pulau Abang,maka diperlukan perjalanan tambahan untuk bisa sampai. Kamu bisa memilih jalur laut ataupun darat. Jika memilih menggunakan speedboat maka kamu akan sampai ke tujuan dalam waktu kurang lebih sekitar 20 menit.

Fasilitas Apa saja yang Bisa Anda Gunakan?

Anda juga bisa mengunjungi pulau ini kapan saja untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Namun, tempat penyewaannya sendiri baru mulai buka antara pukul 12 siang hingga 12 malam. Ada beberapa spot penyewaan dan beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan di sini, di antaranya adalah : glamour camping sebanyak 20 item (maks 40 0rang), per item untuk 2 orang dewasa, backpacker room (satu penginapan menampung 12 tempat tidur) dengan pendingin ruangan, mini bar, barbeque set, api unggun, hammock, bean bag, Gazebo, Spot foto instagramable, Kursi berjemur dan berbagai jenis wahana permainan air.

Baca Juga  Menikmati Keindahan Pantai Kucur Puger Jember

Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan Untuk Berwisata di Pulau Ranoh?

pikniyu fasilitas wisata pulau ranoh batam terbaru

Mengenai masalah jumlah biaya yang harus dikeluarkan, itu sangat fleksibel. Tergantung pada pengeluaran Anda dan fasilitas yang ingin Anda nikmati di pulau ini. Semakin lengkap fasilitas yang Anda gunakan maka akan semakin banyak pula uang yang harus Anda keluarkan.

Jika Anda baru pertama kali mengunjungi pulau ini dan masih bingung, Anda bisa menggunakan jasa trip yang banyak tersedia di sana. Sebagai referensi untuk harga one day trip-nya dimulai dari 500.000 rupiah per orang. Apa saja yang Anda dapatkan dengan mengikuti one day trip? Uang yang Anda keluarkan tersebut sudah mencakup biaya kapal feri dari Pelabuhan Rabun – Pulau Ranoh dan makan siang. Anda juga bebas menikmati berbagai fasilitas seperti cano, water park, snorkeling hingga panahan dan voli pantai.

Jika Anda ingin menginap, disarankan agar Anda memilih paket menginap saja yang harganya mulai dari 900.000 rupiah per orang. Anda pun bisa memilih untuk menginap di tempat camping ataupun di bang bed.

Di Pulau Ranoh sendiri ada juga berbagai fasilitas berbayar lainnya yang bisa Anda gunakan seperti banana boat, disco boat, jet ski, ocean rafting hingga fishing. Anda mungkin akan dikenakan biaya lagi untuk menggunakan fasilitas ini.

Jadikan Pulau Ranoh Sebagai Bucket List, Dijamin Tidak Menyesal

Setelah suntuk menjalani hari-hari yang penuh dengan hiruk pikuk suasana perkotaan, tidak ada salahnya untuk menyisihkan waktu untuk berlibur kan? Nah, Pulau Ranoh kini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib banget untuk dikunjungi nih. Sudahkah kamu mendengar tentang keindahan pulau ini?

Pulau yang berada di gugusan Pulau Abang, Batam, Kepulauan Riau ini memiliki luas area pulau 536.126 m2 atau sekitar 53,6 hektar. Awalnya pulau ini tidak ditujukan sebagai tempat wisata, namun melihat adanya potensi maka kini pulau ini disulap dengan begitu indah dan cantik. Pulau ini akan sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan tropis utama di Batam, khususnya untuk kamu yang menginginkan suasana berlibur yang tenang dan damai.

Baca Juga  Tempat Wisata Menarik Di Pekanbaru, Wajib Kamu Kunjungi

Pulau Ranoh, The Hidden Paradise

Karena letaknya yang berada di tengah-tengah antara dua pulau, Pulau Ranoh memiliki pesona yang sangat luar biasa menakjubkan. Pulau ini memiliki air laut yang tenang, deburan ombak yang tidak besar sehingga membuat pulau ini cocok dijadikan sebagai spot snorkeling. Keindahan bawah laut yang dilengkapi dengan terumbu karang dan ikan kecil yang cantik semakin membuat pulau ini tampak sempurna.

Pulau ini memang dulunya tidak dikenal oleh masyarakat luas, oleh sebab itu jika kamu berkunjung maka kamu akan dibuat takjub. Pemandangan yang disajikan masih tampak sangat asri atau bagi masyarakat sekitar disebut masih perawan. Keindahan pasir putih, birunya laut, dan hijaunya pohon kelapa yang menjulang tinggi akan sangat memanjakan mata.

Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Berlibur?

Jika kamu bingung mengatur biaya untuk bisa berlibur ke Pulau cantik ini, maka kamu tidak perlu khawatir akan menghabiskan biaya banyak. Pasalnya, tidak ada tiket masuk yang akan dikenakan oleh pihak pengelola alias kamu bisa menikmati keindahan Pulau secara gratis cuma-cuma. Namun, ada beberapa paket wisata yang ditawarkan, baik untuk wisatawan asing maupun lokal.

Untuk wisatawan Asing biaya paket wisata dimulai dari Rp 780.000 per orang, sedangkan untuk wisatawan lokal atau Warga Negara Indonesia sekitar Rp 500.00. Mahal? Tentu saja murah, karena harga paket wisata yang ditawarkan sudah termasuk biaya snorkeling dan fasilitas menarik lainnya. Dengan harga tersebut, kamu sudah bisa menikmati seluk beluk Pulau Ranoh dengan sangat puas dan dijamin tidak akan menyesal atau malah nagih lho! 

Daya Tarik Utama Yang Ditawarkan 

Apa sih yang membedakan pulau ini dengan pulau di Indonesia bagian Timur yang sudah terkenal lainnya? Selain tempatnya yang indah, pulau ini tentu memiliki daya tarik sendiri yang membuatnya khas dan tidak akan bisa kamu jumpai di tempat lain. Berikut ini beberapa daya tarik yang akan membuat setiap mata terpana.

  1. Terletak di Lokasi Yang Strategis

Karena terletak di Kota Batam dimana kota ini merupakan jalur pelayaran Internasional, maka pulau ini memiliki lokasi yang sangat pas dan strategis. Kamu bisa mengunjungi tempat ini dengan sangat mudah tanpa perlu khawatir tersesat. Batam merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki pelabuhan Internasional terbanyak di Indonesia, seperti Pelabuhan Ferry Harbour Bay, International Sekupang, Batam Centre, Noangsa, dan masih banyak lagi.

  1. Pasir Putih Yang Bersih dan Indah

Meskipun ada banyak sekali pulau di Indonesia dengan pasir putihnya yang jua cantik, namun Pulau ini juga tidak mau kalah saing. Di sepanjang garis pantai, kamu akan menjumpai pasir putih yang cantik nan elok. Keindahan pulau dengan pasir putihnya dijamin tidak akan pernah gagal membuat setiap wisatawan terpana. 

  1. Pantai Yang Bersih, Asri, dan Air Yang Jernih
Baca Juga  Tempat Wisata di Kota Lama Semarang Dengan Suasana Romantis

Meksipun kini sudah terkenal dan banyak kunjungan wisatawan tidak membuat pulau ini menjadi kumuh dan kotor. Pulau ini tetap menawarkan keindahannya dengan pantai yang masih tampak sangat asri dan bersih alami. Air jernih yang ada juga bisa membuat setiap wisatawan melihat biota laut dengan jalas bahkan tanpa menggunakan alat alias mata telanjang. Seru ya!

Selain daya tarik yang sudah disebutkan, ada banyak lagi hal menarik yang bisa kamu jumpai dan tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Oleh sebab itu kamu bisa membuktikannya sendiri dengan langsung berkunjung ke Pulau ini bersama dengan keluarga maupun orang terkasih. 

Aktivitas Menyenangkan Yang Bisa dan Wajib Kamu Coba

Jika dilihat secara kasat mata tentu aktivitas yang menjadi andalan di kawasan wisata ini tentu snorkeling bukan? Meskipun bisa melihat biota laut dari permukaan laut, namun kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Pulau Ranoh tanpa mencoba snorkeling. Ekosistem bawah laut yang dimilikinya tidak kalah jauh dibandingkan dengan pantai yang sudah terkenal di Indonesia. 

Terlebih lagi Pulau ini masih tergolong sangat alami dan bersih membuatmu wajib untuk mengelilingi pulau ini. Berikut ini beberapa aktivitas menarik lainnya yang bisa kamu lakukan dan wajib banget untuk dilakukan!

  1. Bermain Jetski

Untuk kamu yang ingin memacu adrenalin, kamu bisa mencoba untuk bermain jetski. Kamu bisa dengan bebas mengelilingi pulau ini dengan menyewa jetski seharga Rp 305.000 selama 15 menit. Jangan lupa berfoto untuk mengabadikan momen.

  1. Berfoto Di Setiap Sudut Yang Super Instagrammable

Tidak bisa dipungkiri, jika salah satu tujuan berlibur adalah untuk memamerkan foto dan video hasil jepretan ke media sosial seperti Instagram bukan? Nah, untuk itu kamu wajib mengambil gambar sebanyak mungkin yang kamu bisa untuk dijadikan sebagai kenang-kenangan jika kamu pernah berkunjung ke tempat yang bak surga di dunia ini.

  1. Banana Boat

Satu lagi aktivitas seru dan menarik yang wajib kamu coba nih! Kamu bisa mencoba Banana Boat bersama dengan kawan, ataupun keluarga. Untuk bisa menyewanya, kamu membutuhkan biaya sekitar Rp 70.000 selama 5-8 menit dengan minimal pax 3. Seru banget kan!

Kesimpulan

Tertarik berkunjung ke Hidden Paradise Kota Batam ini? Yuk, langsung saja kunjungi Pulau Ranoh. Pulau ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga, pasangan ataupun untuk menggelar event bersama. Keindahan serta hawanya yang sejuk juga menambah daya tarik pulau yang satu ini.