Menikmati Keindahan Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

Diposting pada

Menikmati Keelokan alam di Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan Yang Sejuk – Tempat ini bernama Air Terjun Kakek Bodo. Letaknya di Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang berada di luar kota Surabaya yang sering sekali dikunjungi oleh warga Surabaya yang ingin berlibur maupun sekedar untuk refreshing setelah lelah beraktivitas.

Lokasi Air Terjun ini berada pada ketinggian sekitar 850 meter dari permukaan laut serta memiliki tinggi terjunan air sekitar 40 meter. Keindahan alam yang satu ini berada di Gunung Welirang di pegunungan Prigen di Jawa Timur masih dalam kawasan wisata Tretes yang terletak, tepatnya dalam kawasan hutan lindung di RPH Prigen.

Karena selain tempat ini memberikan keindahan, juga memiliki hawa yang sejuk karena berada di daerah pengunungan  serta memiliki banyak tempat penginapan baik berupa villa, losmen maupun hotel. Misalnya Foresta Inn Family Resort yang jaraknya sekitar 3,38 km dari lokasi air terjun dengan tarif mulai Rp 250.00 hingga Rp 400.000 per kamar.

Jika anda ingin menghabiskan liburan untuk menginap di Tretes, sempatkanlah untuk datang ke Wana Wisata Kakek Bodo. Karena di dalam wana wisata inilah terdapat air terjun yang indah ini. Di sekitar jalan menuju ke lokasi air tejun terdapat jalan setapak yang nantinya Kamu akan dapat menjumpai beberapa ekor kera liar yang menghuni kawasan wana wisata ini.

Disini Kamu bisa menikmati pemandangan dan merasakan hawanya yang sejuk dan menyegarkan. Disekitar air terjun  terlihat banyak sekali pengunjung yang bermain air di kolam penampungan air yang terletak di bawah air terjun bahkan ada yang mandi di bawah air terjun.

Di sini juga disediakan tempat yang bagus untuk digunakan sebagai tempat untuk berfoto bersama teman maupun keluarga dengan latar belakang air terjun. Selain itu di sekitar air terjun juga terdapat banyak pedagang makanan dan minuman yang dapat anda nikmati bersama keluarga maupun teman.

Selain menyuguhkan pemandangan berupa air terjun, disini juga tersedia lokasi perkemahan yang biasa digunakan untuk tempat camping, kolam renang yang tiket masuknya senilai Rp 5000 per orang serta tempat bermain untuk anak-anak.

Dalam kawasan wisata ini, bukan hanya Air Terjun Kakek Bodo saja. Di sini juga ada tiga air terjun lainnya yang tak kalah menariknya yang dapat kita temui dalam lokasi hutan di kawasan wana wisata ini. Tiga air terjun lainnya adalah Air Terjun Alap-Alap yang memiliki ketinggian 40 m, air terjun Putuk Truno yang ketinggiannya sekitar 45m serta air terjun Sengguruh yang memiliki ketinggian mencapai 30 m.

Asal Usul Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

Tempat ini di beri nama Kakek Bodo sebab mengisahkan tentang seorang kakek yang disebut dengan kakek yang bodoh yang dalam bahasa jawa disebut bodo. Menurut legenda setempat “Kakek Bodo” dulunya adalah seorang pembantu rumah tangga keluarga Belanda.

Kakek ini adalah seorang yang jujur dan saleh. Sang kakek tersebut pergi dari keluarga Belanda tersebut dengan maksud untuk mensucikan diri serta meninggalkan masalah keduniawian dengan cara bertapa. Hal inilah yang membuat kakek itu mendapat sebutan sebagai kakek yang bodoh (Kakek Bodo), oleh keluarga belanda yang ditinggalkannya menyebut

Namun sang kakek tidak menghiraukan sebutan itu dan meneruskan niatnya untuk bertapa. Berkat bertapa akhirnya sang kakek meliki banyak kesaktian serta kelebihan yang digunakannya untuk membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan pertolongan.

Karena usianya, akhirnya sang kakek tersebut meninggal di tempat ia bertapa. Hingga saat ini makamnya sangat dikeramatkan oleh para penduduk setempat serta banyak sekali dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai penjuru kota untuk melihat lihat atau meminta doa di sekitar makam kakek bodo ini.

Letak makan Kakek Bodo sekitar 600 meter dari pintu masuk utama Wana Wisata Air Terjun Kakek Bodo. Makamnya terletak di dalam sebuah ruangan kecil yang terawat dan selalu dalam keadaan tertutup. Bahkan menurut sang juru kunci, ada juga pembesar serta pejabat yang mengunjungi makan Kakek Bodo.

Cara Menuju ke Lokasi

Dengan jarak sekitar 51 km dari arah kota Surabaya menuju ke arah Malang, atau bisa juga dari Malang dengan jarak tampuh sekitar 70 km. Untuk dapat menuju kemari anda tidak akan mengalami kesulitan, karena lokasi ini juga termasuk tujuan daerah wisata yang juga dikenal dengan nama Tretes.

Terdapat tiga pintu masuk untuk menuju ke mari, yaitu pintu satu melalui Candi Jawi, pintu dua yang melalui Taman Safari II Prigen yang merupakan rute terdekat untuk langsung menuju ke lokasi air terjun.

Jika anda ingin menikmati jalan yang lebih jauh anda bisa masuk melalui pintu yang ketiga yaitu melalui tepat di belakang hotel Surya.

Biasanya yang sering sekali melewati rute pintu ketiga adalah para pendaki gunung Welirang maupun pendaki gunung Arjuna serta yang ingin berkemah, sebab olaksi ini juga termasuk bumi perkemahan yang sering sekali digunakan untuk kegiatan berkemah.

Anda juga bisa menggunakan jasa kendaraan umum dari Surabaya naik bus jurusan Malang dengan tarif senilai Rp 5000, yang nantinya anda bisa turun di Pandaan, lalu melanjutkan perjalanan dengan naik minibus berupa Isuzu L300 ke jurusan Tretes.

Nantinya kendaraan ini akan menuju ke kawasan wisata Tretes dan berhenti di pertigaan Pasar Buah Tretes dengan tarif antara Rp 5000 hingga Rp 7500 per orang. Selanjutnya anda bisa turun di depan hotel Tanjung.

Setelah tiba di lokasi areal parkir perjalanan diteruskan sekitar 1 km melalui jalan setapak yang dalam kondisi bagus yang tidak terlalu menanjak hingga tiba di lokasi air terjun.

Tarif Masuk dan Tarif Parkir Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

Untuk masuk ke lokasi Air Terjun Kakek Bodo anda akan dikenakan tarif masuk senilai Rp 6000 per orang. Sedangkan untuk ongkos parkir anda akan dikenai biaya senilai Rp 4000 untuk kendaraan roda dua.