Sumber Informasi Wisata Indonesia

Selamat Datang di Piknikyu.com Sumber Informasi Wisata Indonesia dan Panduan Lengkap Pariwisata

piknikyu
piknikyu
piknikyu
piknikyu
Home / PiknikVendor!!! Wisata

Wisata

Jakarta

Pasar Genteng - Pusat Dari Cinderamata, Elektronika Dan Buah-buahan Surabaya

Date : 27-Feb-2012 ι Upload by : nathrics ι Print Print

Ingin sajian khas Surabaya? Berhentilah di Pasar Genteng Surabaya. Di pasar tradisional ini tersedia makanan khas Surabaya seperti krupuk, ikan asin, sisik ikan atau krinting dan beragam jenis makanan dari tanaman yang tumbuh di laut. Sebagai contoh: lorjuk kupas, udang, terung, dan tripang. Semua snack, makanan ringan dan panganan tersusun rapi baik di dalam kotak maupun plastik. Tidak hanya bau kerupuk dan rasa ikan dan udang yang dipasarkan di Pasar Genteng. Buah renyah seperti salak, mangga, pisang, nangka dan nanas berada di sekitar toko khusus dan kios penjual makanan ringan khas Surabaya.

Para pedagang memberikan kemudahan kepada konsumen dengan mengemas semua pesanan, termasuk mengantar ke tempat bahkan mengirim ke kota di luar Surabaya. Toko-toko yang menjual makanan ringan, kerupuk, bandeng asap dan presto umumnya berada di pinggir jalan sepanjang jalan Genteng Baru. Semua toko rata-rata memberikan kemudahan kepada konsumen terutama agar tidak mengganggu konsumen. Produk yang dijual juga sudah rapi dan biasanya telah siap untuk disantap.

Beberapa pedagang bahkan mempertimbangkan untuk menjual melalui internet. Demi konsumen, semuanya dipermudah termasuk pembayaran transfer bank dan pemesanan barang lewat telepon. Produk yang dijual sekitar  400-700 jenis makanan ringan, termasuk bandeng presto, bandeng asap, terasi, petis dan otak-otak. Hampir 70% makanan ringan dan pelengkap ada di toko, dan diproduksi oleh pabriknya yang ada di Sidoarjo dan Pasuruan.

Sementara bandeng asap, presto, dan petis dibuat sendiri tanpa menggunakan bahan pengawet. Petis istimewa, selain berbagai jenis bahan bakunya, proses pembuatannya juga rumit. Untuk bandeng presto dan asap meski tanpa pengawet, bisa bertahan hingga empat sampai tujuh hari.

Sementara terasi berasal dari Sidoarjo, ikan asin dari Tuban, makanan ringan dalam bentuk tumbuhan dan hewan laut seperti lorjuk, telur ikan, dan tripang datang dari Kenjeran, Gresik, dan Sidoarjo. Pemasok yang umumnya adalah perempuan, telah dilatih dan dibina dengan harapan mengolah produknya sesuai dengan selera konsumen, baik internasional maupun lokal. Konstruksi untuk pemasok barang selalu dilakukan karena konsumen jarang meminta makanan ringan lebih singkat atau lebih garam. Pada prinsipnya semua produk yang dijual pasti cocok dengan lidah konsumen.

Dalam inovasi selalu menggali prinsip bahwa produk jangan sampai ditinggalkan konsumen. Upaya lainnya meminta pendapat konsumen langsung terutama pelanggan yang punya perhatian dengan aroma dan rasa produk tersebut. Langkah ini juga memenuhi keinginan konsumen terhadap produk baru.

 

Kripik lorjuk dan tripang adalah makanan ringan khas dari Surabaya, karena belum ada daerah yang lain yang memproduksinya. Melinjo atau keripik emping dari Kediri dengan berbagai selera saat ini di begitu banyak ditawarkan : yang panas, udang dan kerang, harganya dapat mencapai Rp 30000 per kg. Melinjo biasanya dikemas dalam kotak dan plastik seberat 250 gram dan 500 gram.

Lebih dari itu, pasar ini juga menjadi pusat perdagangan elektronik dan bahan baku roti dan kue yang lengkap di Surabaya. Karena gelarnya sebagai pusat bahan baku kue, elektronik, dan suvenir di Surabaya sudah sangat dikenal, membuat pasar ini lebih ramai dikunjungi. Jadi, saatnya untuk disadari, bahwa status pasar ini sebagai obyek wisata dapat dipertahankan.

Kini Pasar Genteng yang dibangun pada tahun 1973 dilengkapi dengan 1142 stand daan berdiri luas diaatas bangunan 7043 meter persegi. Kondisi gedung ini pasar tradisional berlantai tiga ini adalah sekitar 75%. lantai I adalah alokasi untuk buah-buahan, perabotaan dan kebutuhan rumah tangga, lantai II untuk pedagang komponen elektronik, lantai III tidak banyak digunakan  untuk kantor pasar.

Lokasi pasar ini cukup strategis dan dikelilingi dengan pusat perbelanjaan besar seperti Tunjungan Plaza, Surabaya Plaza. Lokasi yang strategis telah membuat pasar Genteng sebagai Obyek Wisata Belanja. Ingin membawa beberapa bingkisan dari Surabaya, berhentilah di Pasar Genteng.



Bookmark and Share Backlink Lists | Free Backlinks

Piknikyu Member
Wisata Budaya Jakarta (Jakarta)
25-Jan-2013
Kuliner Jakarta (Jakarta Selatan)
03-Nov-2011
Wisata Budaya Jakarta (Jakarta Timur)
21-Oct-2011
Vendor List