Sumber Informasi Wisata Indonesia

Selamat Datang di Piknikyu.com Sumber Informasi Wisata Indonesia dan Panduan Lengkap Pariwisata

Home / PiknikNews!! / Apa Sih Boarding Pass Pesawat Terbang Itu?

Apa Sih Boarding Pass Pesawat Terbang Itu?

Date : 28-Mar-2012 ι Upload by : nathrics ι Print Print ι Comment (0)

Sebuah boarding pass adalah dokumen yang disediakan oleh maskapai penerbangan selama proses check-in, yang memberikan izin penumpang untuk naik pesawat untuk penerbangan langsung. Paling tidak sebagai bentuk identifikasi penumpang, nomor penerbangan, serta tanggal dan waktu yang dijadwalkan untuk keberangkatan. Dalam beberapa kasus, penumpang dapat melakukan check-in secara online dan mencetak boarding pass-nya sendiri.

Umumnya penumpang dengan sebuah tiket elektronik hanya akan membutuhkan boarding pass. Jika penumpang memiliki tiket kertas, tiket itu (atau kupon penerbangan) mungkin diperlukan untuk dilampirkan pada boarding pass untuk dia masuk ke pesawat. Kertas boarding pass (dan tiketnya jika ada), atau potongannya dikumpulkan dan dihitung untuk cross-check jumlah penumpang oleh petugas gate, tetapi lebih sering di-scan (melalui barcode atau magnetic stripe). Standar untuk barkode dan strip magnetik pada boarding pass diterbitkan oleh IATA. Barkode standar (BCBP) yang menjelaskan cetakan barkode 2D yang dicetak pada kertas boarding pass atau dikirim ke ponsel untuk tujuan boarding pass secara elektronik. Strip magnetic yang standar (ATB2) berakhir pada tahun 2010. Untuk penerbangan dengan “transit” terdapat boarding pass yang dibutuhkan untuk setiap penerbangan (dibedakan berdasar nomor penerbangan yang berbeda) tergantung apakah pesawat yang dinaiki sama atau naik.

Kebanyakan bandara dan maskapai penerbangan kini memiliki pembaca otomatis untuk memverifikasi validitas dari boarding pass di bagian boarding gate atau pintu pesawat. Ini secara otomatis akan meng-update database maskapai yang bisa menunjukkan bahwa penumpang telah naik dan kursi penumpang telah digunakan, dan memeriksa bagasi untuk melihat apakah penumpang mungkin masih tinggal di atas kapal. Hal ini mempercepat proses dokumen di pintu gerbang, tetapi tetap membutuhkan penumpang dengan tiket kertas untuk melakukan check-in, menyerahkan tiket dan menerima boarding pass digital.

Boarding Pass Via Ponsel
Banyak maskapai penerbangan telah pindah untuk memakai boarding pass elektronik, dimana penumpang bisa men-cek baik secara online atau pada perangkat mobile-nya, dan boarding pass ini kemudian dikirim ke perangkat mobile sebagai SMS atau e-mail. Setelah menyelesaikan reservasi online, klien dapat mencentang kotak pilihan untuk melakukan boarding pass secara mobile. Kebanyakan operator menawarkan dua cara untuk mendapatkannya: yang pertama dikirim ke perangkat mobile (via e-mail atau pesan teks sms) saat melakukan check-in secara online, atau menggunakan aplikasi maskapai penerbangan untuk check-in dan boarding pass akan tampil atau muncul dalam aplikasi

Perangkat mobile dilengkapi dengan standar barkode yang sama dengan boarding pass kertas yang umum, dan ini benar-benar dapat dibaca oleh mesin. Petugas gerbang hanya memindai kode yang ditampilkan di perangkap telepon atau ponsel.
Airlines di papan

Pada tahun 2007 Continental Airlines (sekarang United) untuk pertama kalinya mulai menguji boarding pass dengan perangkat mobile. Sekarang kebanyakan operator besar menawarkan boarding pass via ponsel di banyak bandara.

 

Airlines yang mengeluarkan boarding pass elektronik termasuk United Airlines, AirAsia (maskapai pertama yang memperkenalkan SMS boarding pass), Singapore Airlines, Air Canada, WestJet (yang pertama di Amerika Utara untuk melakukannya), Cathay Pacific Airways, Delta Air Lines, JetBlue Airways , American Airlines, Alaska Airlines, Lufthansa, Scandinavian Airlines, Jetstar Airways, Iberia, US Airways, KLM (tujuan tertentu saja), dan Qantas (pasar domestik).

Sumber : wikipedia

Baca juga :

- Karya wisata pendidikan Piknikyu Eduwisata

- Info tanggap dan siaga bencana Indonesia

- Ziarah rohani Kristen di Jerusalem

- Info lengkap tentang Umroh

-

Bookmark and Share Backlink Lists | Free Backlinks

Silakan isi komentar anda di bawah ini :

Nama
Email
Komentar
Max 255 Char.
PiknikNews terbaru››  

    A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: art10

    Filename: views/artikeldetailview.php

    Line Number: 219

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: views/artikeldetailview.php

    Line Number: 219